SELAMAT DATANG DI BLOG INI

Minggu, 26 September 2010

Permintaan Komputer Meningkat 30 Persen

BINTARO, TO – Kebutuhan terhadap perangkat teknologi informasi (TI) atau komputer terus meningkat. Dari penuturan sejumlah penyedia komputer di Tangsel, selama memasuki 2010 penjualannya rata-rata mengalami peningkatan sebesar 30 persen.

Menurut Erick, salah satu penyedia perangkat komputer di Tangsel mengatakan, selama 2010 ini penjualan komputer baik desktop PC, laptop, hingga perangkat aksesorinya rata-rata mengalami peningkatan hingga 30 persen. “Dibandingkan 2009, tahun ini permintaan naik sekitar 30 persen lebih,” kata dia kepada TangerangOnline di kawasan Bintaro, Pondok Aren.

Menurut Erick, ada beberapa faktor yang mendukung peningkatan permintaan tersebut. Melemahnya nilai tukar dolar AS, merupakan salah satu pendukung karena itu berarti menguntungkan bagi pasar di Indonesia. Hal ini dikarenakan, harga beli produk komputer dan perangkat TI masih dihitung dari naik turunnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.

Faktor lain yang mendukung adalah makin murahnya harga perangkat dan produk komputer, seiring dengan bergesernya kebutuhan pasar dan industri. “Nantinya industri perangkat TI akan bergerak ke produk masal yang menunjang gaya hidup masyarakat,” katanya.

Bahkan, kondisi itu terlihat makin jelas, ketika melihat banyak remaja atau anak-anak membawa perangkat komputer (laptop) ke mana-mana. Mereka sering berinternet di mal-mal maupun tempat umum lain.

Hal senada diungkapkan Ferdiansyah, penyedia perangkat komputer lainnya. Ia mengatakan, permintaan komputer tahun 2010 diperkirakan akan terus meningkat. Kondisi itu sepertinya mendapat dukungan dari provider internet, yang belakangan ini mulai beramai-ramai menyediakan layanan jaringan internet murah, bahkan gratis melalui hotspot di banyak tempat umum, seperti mal, terminal, stasiun, dan sebagainya.

“Dunia pendidikan pun makin banyak yang mengajarkan ilmu TI dan komputer di sekolah-sekolah. Bahkan, sudah sampai jenjang terendah di tingkat taman kanak-kanak. Itu cukup membuktikan bisnis ini tetap prospektif untuk digeluti,” katanya. (Man)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar